Tumbangkan 100 Pohon Pinus Pantai hingga 2 Rumah di Kota Padang Beresiko Runtuh, Akibat Abrasi Pantai

BEKASI24JAM.COM – Satu kejadian abrasi pantai terjadi di Kelurahan Pasie Nan Tigo, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang.

Abrasi pantai meruntuhkan 100 pohon pinus pantai hingga mengakibatkan dua rumah beresiko runtuh.

Berdasarkan penggukuran, abrasi pantai telah memanjang satu kilometer dari RT02 menuju RT03 RW07 Pasia Jambak Muaro Anai.

BPBD Kota Padang mengimbau warga untuk selalu wasapada akan potensi bencana.

Mengingat letak geografis Kota Padang berada di kawasan rawan bencana salah satunya juga gempa bumi.

Dalam rangka upaya mengurangi risiko bencana, BPBD Kota Padang melaksanakan beberapa program mitigasi bencana bersama warga.

Baca artikel lainnya di sini : Dukung Jadi Calon Gubernur Jawa Tengah, Berikut Daftar Arus Bawah yang Solid Gotong Royong Dorong Sudaryono

“Setiap bulan BPBD Kota Padang menggelar latihan kebencanaan. Warga sudah paham kalau langganan banjir, tanah longsor, angin kencang, kami juga ada sosialisasi gempa.

“Tapi yang namanya warga ya masih sering panik”, kata Hendri.

Lihat juga konten video, di sini: Fenomena Pergerakan Tanah di Kabupaten Bandung Barat, Pemerintah akan Merelokasi Rumah Warga

Selain persiapan mitigasi bencana kepada masyarakat, BPBD Kota Padang juga mempersiapkan perlengkapan dan peralatan penanggulangan bencana.

“Berdasarkan pengalaman pada kejadian banjir kemarin, kami membutuhkan tambahan perahu karet untuk evakuasi dan mesin pompa,” pungkas Hendri.

Selain abrasi, Kota Padang mengalami banjir bandang yang menerjang 31 lokasi di delapan kecamatan wilayah Kota Padang, pada 7-9 Maret 2024

BPBD Kota Padang juga mencatat kejadian longsor di enam lokasi, pohon tumbang akibat angin kencang sebanyak 19 kejadian.***

Artikel di atas juga sudah diterbitkan portal berita nasional Helloidn.com

Sempatkan juga untuk membaca artikel menarik lainnya, di portal berita Topikindoneisa.com dan Bisnispost.com


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *